J e d d a h

Yang Semakin Tua

Ada beberapa hal menarik mengenai kota Jeddah ini;

  • Jeddah berarti ‘nenek tua’. Kota ini diberi nama demikian karena diyakini bahwa Siti Hawa, yang merupakan ‘ibu’ dari segala manusia di muka bumi ini, dimakamkan di kota ini.
  • Masjid Terapung yang berada di tepi laut merah sebenarnya bernama Masjid Ar Rahman. Nama masjid terapung hanya populer di kalangan jamaah Indonesia, karena memang letaknya yang menjorok ke lautan. Jadi, tidak perlu khawatir akan mabuk laut saat melaksanakan sholat di masjid ini. Masjid ini tidak berdiri diatas pelampung yang terombang-ambing di tengah lautan. Pondasinya tetap kokoh menghujam jauh ke dalam bumi.
Masjid Terapung di Tepi Laut Merah
Masjid Terapung di Tepi Laut Merah
  • Ada pedagang bakso di salah satu saung (pondok) di kawasan Masjid terapung. Penjualnya adalah seorang lelaki berkebangsaan Arab sementara istri sekaligus kokinya adalah orang Indonesia. Tak heran bila rasa baksonya terasa nikmat. Cukup merogoh sekitar lima riyal untuk mendapatkan semangkok bakso ini. Lengkap dengan sawi dan tauge, bahkan juga sambal, kecap dan saus sambal. Bila ingin suasana Indonesia yang lebih kental, coba tambahkan kerupuk Harga tidak terlalu mahal, dua riyal per bungkus.
  • Selama belasan tahun, pusat perbelanjaan Corniche Commercial Center menjadi begitu dikenal oleh jamaah dari Indonesia. Disinilah banyak toko yang menjual beragam barang oleh-oleh. Di Jeddah biasanya orang membeli parfum. Bila oleh-oleh coklat dari Madinah dirasa kurang, tak perlu khawatir, karena disinipun akan mudah ditemukan. Beberapa toko yang terkenal adalah ‘toko Ali Murah’, ‘toko Ghani Murah’ dan beberapa toko-toko lain yang memang memasang nama dalam bahasa Indonesia.
Corniche Commercial Center
Corniche Commercial Center
  • Kedutaan besar Amerika Serikat sungguh menarik. Dari luar hanya tampak seperti hamparan tanah tanah kosong dengan beberapa tanaman. Tapi jangan mengira pihak Amerika kurang dana sehingga mereka tak mampu membangun gedung untuk kedutaannya. Karena ternyata di bawah tanah itulah dibangun gedung hingga mencapai beberapa level kebawah. Hal ini demi keamanan, agar tidak mudah menjadi sasaran teroris.

BERSAMBUNG

Help

Jakarta

Makkah/Madinah

Kurs Rupiah Terhadap:
Mata Uang
Beli
Jual
US Dollar 8.820 8.910
Saudi Riyal 2.271 2.462
Last update : 20/10/11
Click for the latest Jakarta / Soekarno-Hatta weather forecast.
Click for the latest Makkah weather forecast.
free counters

Kami menerima berbagai tulisan yang berhubungan dengan haji & umrah, baik itu berupa :

Pengalaman umrah/ haji

Info travel biro umrah/ haji

Artikel terkait lainnya

Cukup email ke :

menuju_mahacinta

@yahoo.com

Redaktur berhak untuk mengedit isi tulisan tanpa mengubah makna keseluruhan.